Ini Dia Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat


Bagi Anda yang ingin tahu banyak mengenai asam urat, penting untuk membaca artikel kali ini. Tidak hanya mengenai masalah umum penyakit asam urat saja, melainkan juga membahas mengenai makanan pantangan asam urat. Sebelumnya, akan dibahas terlebih dahulu mengenai penyakit asam urat. Penyakit asam urat atau yang biasa disebutkan gout ialah keadaan dimana dapat menyebabkan nyeri yang tak tertahankan, rasa panas di area persendian, dan juga pembengkakan. Asam urat sendiri lebih sering menyerang pada sendi jari, lutut, tangan, pergelangan kaki, dan juga jari kaki. 



Dibandingkan kaum perempuan, kaum laki-laki lebih beresiko atau rawan terkena penyakit asam urat. Kaum laki-laki lebih rawang terkena penyakit asam urat di usia mereka 30 tahunan. Sedangkan bagi kaum perempuan, penyakit asam urat biasanya timbul setelah mereka mengalami menopause. Perlu untuk diketahui bahwa pembengkakan pun tidak hanya terjadi di area sendi saja, melainkan juga di area tubuh lainnya. Dengan begitu menyebabkan si penderita tak mampu bergerak secara lebih leluasa. Setelah mengetahui secara singkat mengenai penyakit asam urat. Penting juga bagi kita untuk mengetahui penyebab dari penyakit asam urat itu sendiri. 


Nyeri dan juga pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan dari kristal-kristal tajam yang ada di sekitar sendi akibat dari penumpukan zat asam urat. Penyakit asam urat pun sangat rawan diderita oleh orang-orang yang mnderita obesitas, diabetes, penyakit ginjal kronik, dan juga hipertensi. Dari penelitian yang ada, seseorang yang mempunyai keluarga penderita penyakit asam urat, biasanya juga dapat menderita penyakit yang sama. Dengan begitu, penyakit kolesterol ini merupakan salah satu penyakit genetik. Jika sudah mengalami ciri-ciri awal dari penyakit asam urat ini, lebih baik langsung memeriksakannya kepada dokter ahli. Dengan begitu, kita bisa melihat seberapa parah penyakit asam urat yang kita idap. Kita bisa mendapatkan perawatan yang tepat. Selain itu, bagi orang-orang yang belum terkena penyakit asam urat pun bisa melakukan pencegahan. Caranya ialah dengan mencari tahu makanan pantangan asam urat.
  1. Hindari makanan daging-dagingan seperti daging sapi, unggas, kambing, dan lainnya.
  2. Hindari makanan jeroan karena mengandung purin yang tinggi.
  3. Hidnari makanan sayuran seperti bayam, kol, asparagus kacang polong, dan juga jamur. Jenis-jenis sayuran tersebut mengandung purin yang tinggi.
  4. Hindari makanan laut seperti kerang, ikan asin, teri, sarden, tiram, udang, kepiting, dan lobster.
  5. Hindari minuman bir karena di dalam bir mengandung tinggi purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat.
Bagi yang ingin melakukan pencegahan terhadap penyakit asam urat, ada baiknya untuk memperhatikan makanan pantangan asam urat yang ada di atas tersebut. Terlebih bagi penderita penyakit asam urat, ada baiknya tidak hanya sekedar untuk mengurangi saja, melainkan juga benar-benar untuk tidak mengkonsumsinya.

Baca Juga: Kereta Eksekutif

Selain itu, konsumsi obat dari dokter secara teratur dan rutin. Perhatikan juga untuk melakukan hidup yang sehat antara lain seperti rajin berolahraga secara teratur, konsumsi air mineral secara rutin dan banyak. Hindari untuk stres, merokok, minum minuman berakohol dan sebagainya. Lakukan pemeriksaan rutin kepada dokter ahli agar dapat terpantau asam urat yang ada di dalam tubuh kita sejauh mana. Hal itu tentunya untuk menghindari dari adanya penyakit yang parah. Pastikan juga berat badan kita seimbang dengan tinggi badan. Hal itu untuk menghindari dari obesitas.